Ada pengalaman menarik dari rangkaian pertemuan dengan para pelaku usaha kecil, baik dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion) maupun dalam sesi pelatihan. Kebanyakan mereka menyadari bahwa sebuah unit usaha apapun akan sangat bergantung dari penjualan (sales).

Sayangnya, sebagian besar bahkan hampir semua dari mereka belum tahu dan memahami konsep pemasaran (marketing). Bahkan ada yang mengaku baru sekali itu mendengar istilah marketing atau pemasaran.

Ini memang menarik sekaligus menggelitik dan juga memprihatinkan. Saya, secara pribadi terus menerus mengkampanyekan konsep-konsep marketing yang paling dasar pada setiap perjumpaan dengan mereka – para pejuang ekonomi kerakyatan – atau mungkin bagus juga kalau disebut dengan laskar ekonomi.

Lagi-lagi masih menurut saya..tanpa analisis ilmiah yang mendalam – kesimpulan sementara saya adalah – para pelaku usaha kecil kita membutuhkan peningkatan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan yang mendesak berkaitan dengan fungsi marketing yaitu: kompetisi atau persaingan ditingkat lokal.

Jika secara bertahap kita bisa meningkatkan “kapasitas kompetisi” para pelaku usaha kecil tersebut, maka bolehlah kita berharap UMKM kita akan mampu bersaing secara global.  Semoga…!!?

Iklan