Kata-kata diatas saya kutip dari pernyataan Adi W. Gunawan dalam sebuah bukunya yang berjudul “Becoming a Money Magnet”. Beliau mengatakan bahwa bisnisnya adalah bisnis perubahan, padahal beliau adalah seorang terapis dan konsultan dan kolomnis tetap pada sebuah website pembelajar yang menyebut dirinya sebagai re-educator and mid navigator. Lantas apa maksud saya mengutip kata-kata tersebut? itulah hal sebenarnya yang ingin saya bicarakan dalam tulisan kali ini.

Pada galibnya tidak ada sesuatupun yang tidak berubah didunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Termasuk dalam hal ini dunia bisnis adalah hal yang tidak luput darinya. Artinya dunia bisnis juga adalah dunia yang selalu berubah, jadi bersiaplah untuk menyambut perubahan. Tetapi ada juga yang meniatkan dirinya untuk justru membuat perubahan. Ada sebuah tag-line iklan di televisi yang menyebutkan bahwa “perubahan tidak datang sendiri, kitalah yang memulainya”. 

Nah dari sinilah mulai tampak adanya sebuah peluang bisnis dari isu perubahan, sehingga tidak salah jika Adi W. Gunawan melakukan bisnis perubahan. Bukankah ini merupakan bisnis yang prospektif ? seharusnya iya, jika kita melihat trend yang berkembang disekitar kita. Pada setiap iklan dan acara di televisi hampir selaau ada muatan kata “perubahan” disitu. Tampaknya pasar mulai menyambutnya..

Bagaimana halnya dengan seorang profesional? atau orang yang sedang meniti karier? apakah relevan jika trend ini juga menjadi rujukan? tentu saja bisa. Jika anda pernah mendengar kata “change agent”, itu adalah sebuah profesi baru yang mulai banyak dibicarakan baik dalam organisasi publik maupun bisnis. Bahkan sang guru manajemen Peter F. Drucker mengatakan bahwa dalam sebuah organisasi modern harus ada manajemen perubahan dalam strukturnya. Ini mengingatkan betapa pentingnya hal tesebut.

Akan tetapi terlepas dari semua itu, akan menjadi bisnis atau karir anda atau sekedar menjadi tag-line anda, tetapi sekali lagi bahwa perubahan itu niscaya. Kita tidak perlu menentang atau melawannya. Justru kita harusnya membuat perubahan itu untuk kita, lingkungan kita dan dunia kita..tentunya perubahan untuk menjadi lebih baik.

Iklan